Jumat, 04 Mei 2012

Pengkajian Puisi


I
PENGERTIAN PUISI
Puisi merupakan karya sastra yang mempunyai derajat yang lebih tinggi dibandingkan dengan karya sastra lainnya dan memiliki pernyataan sastra yang paling inti. Segala unsur kesastraan mengental dalam puisi. oleh karena itu segala karya sastra tidak terlepas dari puisi. dipandang dari unsur estetiknya dan kefleksibelannya terhadap semua kalangan masyarakat.
Secara etimologi puisi dalam bahasa yunani berasal dari poeima (membuat) atau poesis (pembuatan). Dalam bahasa prancis disebut poesie, bahasa belanda poezie (sajak), bahasa latin poeta (pembangunan, pembentuk, pembuat) sedangkan dalam bahasa ingris disebut poetry (puisi). kata itu semuanya berpangkal pada imajinasi seseorang yang ingin menciptakan sebuah dunia baru dalam diri sendiri. Menurut sejarah dalam bahasa yunani, kata poet berarti orang yang menciptakan sebuah karya melalui imajinasinya, seseorang yang hampir menyerupai dewa atau penggemar dewa-dewa. Dia adalah seseorang yang berpenglihatan tajam, suci, filsuf, negarawan, guru, dan orang yang dapat menebak kebenaran yang tersembunyi.

Dalam kamus bahasa indonesia puisi merupakan ragam yang terikat oleh rima, mantra, irama, serta penyusunan larik dan bait. Dan puisi juga disebut sebagai gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus. Atau pula disebut sajak.
Menurut wirjosoedarmo (1984) puisi bisa didefinisikan sebagai karangan terikat dengan: (1) banyak baris dalam tiap bait, (2) banyak kata dalam tiap baris, (3) banyak suku kata dalam tiap baris, (4) rima, (5) irama.
Aminuddin (1987) mendifinisikan puisi dengan membuat dan pembuatan, karena puisi merupakan dunia tersendiri terhadap seseorang yang berisi pesan dan gambaran suasana tertentu,baik fisik maupun batiniah. Puisi dapat membuat pembaca masuk ke dalam ilusi tentang ke estetikannya, terbawa angan-angan kedalam keindahan maupun unsur bunyi, penciptaan gagasan, maupun suasana tertentu sewaktu membaca puisi.
Taufik Ismail berpendpat bahwa puisi merupakan alat pengungkapan  fikiran dan perasaan atau sebagai alat ekspresi. Puisi termasuk bentuk karya sastra yang merupakan bentuk komunikasi antara sastawan dengan pembacanya, tulisan sastrawan (puisi) dalam karya sastranya adalah suatu pengungkapan perasaan yang ingin diungkapkan pada pembaca. dalam penyampaian ide tersebut sastrawan tidak bisa dipisahkan dengan dari latar belakang dan lingkngannya.
Abrams (1976) mengemukakan dalam dalam komunikasi antara sastrawan dan pembaca tidak akan lepas dari empat situasi sastra, yaitu: karya sastra, sastrawan, semesta, dan pembaca.
Yang berikut ini defini Altenbernd (1970), puisi adalah pendramaan pengalaman yang bersifat penafsiran (menafsirkan) dalam bahasa berirama (bermetrum). Maka tentulah definisi ini kurang tepat untuk puisi indonesia sebab puisi indonesia tidak menggunakan metrum sebagai dasar. Bila kata metrum diartikan sebagai irama yang umum (rhythm-ritme) mungkin masi bisa diterima di kalangan tertentu maskipun tidak semuanya karena prosapun terkadang berirama juga maskipun tidak sekuat puisi.
Dalam kamus istilah sastra, disebutkan puisi menurut Panuti Sudjiman dalam balai pustaka (1990), puisi adalah ragam bahasa terikat oleh rima, mantra, rima, penysunan larik, dan bait. Balai Pustaka (1994) menjelaskan makna puisi sebagai ragam sastra yang bahasanya terikat oleh rima dan tata puitika yang lain, gubahan bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran akan pengalaman dan mempertajam tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna.
Shahnon Ahmad (1978) mengumpulkan definisi-definisi yang pada umumnya dikemukakan oleh para penyair romantik Ingris. Samuel Taylor Coleridge mengemukakan puisi itu adalah kata-kata terindah dalam suasana terindah. Penyair memilih kata-kata yang setepatnya dan disusun secara baik, misalnya seimbang , simetris, antara satu unsur dengan unsur lainnya yang sangat erat hubungannya. Carlyle berkata, puisi merupakan pemikiran yang bersifat musikal. Penyair dalam menciptakan puisi itu memikirka bunyi yang merdu seperti musik dalam puisinya, kata-kata disusun berbagai rupa hingga yang menonjol adalah rangkaian bunyinya yang merdu seperti musik. Wordswort mempunyai gagasan bahwa puisi adalah  pernyataan yang imajinatif, yaitu perasaan yang diangankan. Adapun Audien mengemukakan bahwa puisi itu lebih merupakan pernyataan perasaan yang bercampur-baur. Sedangkan Duntom berpendapat bahwa sebenarnya merupakan pemikiran manusia secara kongkrit dan artistik dalam bahasa emosional serta berirama, misalnya dengan kiasan, dengan citraan, dan disusun secara artistik (misalnya selaras, simetris, diksi yang tepat, dan sebagainya) dan bahasanya  penuh perasaan, serta berirama seperti musik (pengertian bunyi kata-katanya berturut-turut secara teratur). Shelly mengemukakan bahwa puisi adalah rekaman detik-detik yang paling indah dalam hidup kita. Misalnya saja peristiwa yang sngat mengesankan dan menimbulkan keharuan yang kuat, seperti kebahagiaan, kegembiraan, percintaan, bahkan kesedihan karena kematian atau kehilangan seseorang yang yang dicintai. Semua itu merupakan detik-detik terindah untuk direkam.
Dari definisi-definisi tersebut tampaknya ada perbedaan pikiran mengenai pengertian puisi. namun bila unsur-unsur dari pendapat pendat diatas dipadukan, maka akan didapat garis-garis besar mengenai puisi dengan unsur-unsur emosi, imajimasi, pemikiran, ide, nada, irama, kesan pancaindra, struktur kata, kiasan, kepadatan, dan perasaan yang bercampur baur. Disitu dapat ditarik benang merah, ada tiga unsuryang pokok. Pertama, hal yang meliputi pemikiran, ide, atau emosi; kedua bentuknya; ketiga ialah kesannya.
Jadi, difinisi puisi menurut (Pradopo, 1987) merupakan ekspresi pemikiran yang yang membangkitkan perasaan, yang merangsang imajinasi panca indra dalam susunan yang berirama. Semua itu merupakan sesuatu yang penting yang direkam dan diekspresikan dengan menarik dan memberi kesan. Puisi itu merupakan rekaman dan interpretasi pengalaman manusia yang penting, digubah dalam wujud yang berkesan. Terlepas dari pendapat (Didin Widyartono, 2011) yang membedakan puisi tradisional dengan puisi kontemporer, dengan sudut pandang bentuk dan medianya. Sehingga penulispun tidak berani memberikan kesimpulan mengenai difinisi puisi, karena puisi merupakan hasil dari imajinasi seseorang yang berbeda-beda. Oleh karena itu definisi puisi memberikan haknya kepada penyair dan pembaca. Akan tetapi dalam pengkajiannya kita harus mengenal yang namanya puisi dalam pengertian lama dan pengertian baru.






II
KAJIAN PUISI
Puisi merupakan karya sastra yang dapat dikaji dari berbagai sisinya, baik dari strukturnya ataupun unsur-unsurnya, mengingat bahwa puisi merupakan sruktur yang tersusun dari bermacam-macam unsur dan sarana-sarana kepuitisan. Dapat pula dikaji jenis-jenis atau ragamnya dan kesejahteraan pusi itu sendiri melihat bahwa sepaanjang sejarah dari waktu ke waktu selalu ada perubahan dan perkembangan. Hal ini menginagat hakikatnya sebagai karya seni yang selalu terjadi ketegangan antara konvensi dan pembaharuan (inovasi) (Teeuw, 1980). Puisi selalu berubah-ubah sesuai dengan evolusi selera dan perubahan konsep estetiknya (Riffaterre, 1978).
Meskipun demikian, orang tidak akan dapat memahami puisi secara sepenuhnya tanpa menyadari dan mengetahui itu karya karya estetik yang bermakna, yang mempunyai arti, bukan hanya sesuatu yang kosong tanpa makna (Pradopo, 1987).
Sampai sekarang orang tidak dapat memberikan difinisi puisi setepatnya yang kemudian disepakati bersama. Namun untuk memahaminya perlu mengetahui paling tidak ancar-ancar sekitar pengertian puisi, sebagai kajian bersama. Dan perkembangannya tidak dapat  dipungkiri, sehingga mau tidak mau harus mengikuti zaman dengan memperbanyak mencari informasi atau membaca.
Dalam kajian sastra terdapat empat pendekatan untuk mengkaji puisi diantaranya:
1.      Pendekatan objektif
 Pendekatan objektif merupakan kajian sastra yang menitik beratkan pada karya sastra. kalau di lihat dari teori struktur, karya sastra harus dianalisis dari struktur intrinsik dan unsur intrintrinsiknya, karena itu karya sastra mempunyai sifat otonom dalam kajian struktur dan unsur-unsurnya. Denganan anggapan sebuah karya sastra hurus terlepas dari sajak atau karya sastra zaman dahulu atau sebelumnya. Selain itu pula sajak atau puisi  juga harus di lepaskan  hubunganya dengan penyair dan masyarakat. Padahal kenyataannya  sebuah puisi (karya sastra) tidak tercipta tanpa penyair dan kekosongan budaya (Teeuw, 1981). Sebuah karya sastra tidak terlepas dari pengarang atau penulisnya. Pengarangpun juga tidak terlepas dari paham-paham, pikiran-pikiran, ide-ide, atau pandangan dunia pada zamannya dan sebelumnya. Dan juga tidak bisa terlepas dari kondisi politik dan sosial budaya. Semua itu tercermin dalam karya sastranya. Cermin dari kebahasaan, gambar, simbol, dan lain sebagainya. Sebuah karya sastra tidak terlepas dari kondisi masyarakat dan budayanya sehingga terjadi kekosongan karya sastra. Semua hubungan itu sangat menentukan makna dan pemahaman sebuah karya sastra (puisi). Oleh karena itu  mempunyai keberatan-keberatan, yaitu diantaranya mengasingkan karya sastra dari kerangka kesejahteraannya dan latar belakang sosial budaya (Teeuw, 1983).
Bagaimanpun keberatannya analisis struktur ini merupakan preoritas pertama sebelum yang lain-lain (Teeuw, 1983). Jadi sebenarnya secara utuh sebuah karya sasra tidak bisa lepas dari masyarakt dan budaya dimana karya sastra itu dituliskan. Maka untuk mendapatkan sebuah makna secara utuh atau penuh, harus mengetahui latar belakang latar belakang sosial budaya.
Apakah itu struktur dalam karya sastra? Adalah sebuah susunan unsur-unsur yang bersistem, yang antara unsur-unsurnya terjadi hubungan timbal balik atau saling menentukan (Pradopo, 1987). Dalam pengertiannya struktur merupakan rangkaian  kesatuan yang meliputi tiga ide dasar, yaitu ide kesatuan, ide transformasi, dan ide pengturan diri sendiri.
  1. Pendekatan ekspresi
Pendekatan ekspresi yaitu kajian sastra yang menitik berakan pada penulis. Menurut Juhl, berkaitan dengan pendekatan ekspresi bahwa keduduka penulis karya sastra sabagai faktor yang menentukan dalam penafsiran karya sastra. Oleh karena itu karya sastra tidak akan lahir bila tidak ada yang menciptakan, sehingga pencipta karya sastra sangat penting kedudukannya (Junus, 1985).
Dalam pendekatan ekspresi psikologi pengarang menjadi salah satu bahan kajian dalam mengkaji sebuah karya sastra. Sebab dalam penciptaan sebuah karya sastra perlu adanya dorongan-dorongan, pengalaman hidup, maupun pemikiran. Karena itu dalam karya sastra, pembaca dapat mengetahui unsur-unsur psikologi yang sedang dialami pengarang dalam tulisannya.
  1. Pendekatan Mimetik
Pendekatan mimetik adalah pendekatan yang mengkaji karya sastra berkaitan dengan realitas atau kenyataan. Mimetik dalam bahasa yunani disebut tiruan. Dalam pendekatan ini, karya sastra merupakan hasil tiruan atau cermin dari kehidupan. Dalam menngkaji sebuah karya sastra dengan menggunakan pendekatan mimetik, dibutuhkan data-data yang berkaitan dengan realitas kehidupan yang ada dalam karya sastra tersebut. Contohnya, sebuah cerita yang bersetting abad- 18 diperlukan data- data yang berkaitan realitas kehidupan masyarakat pada masa tersebut.
Karena pendekatan mimetik menghubungkan karya sastra dengan realitas, maka kemudian muncul anggapan bahwa karya merupakan cerminan dari realitas, sehingga hakikat karya sastra yang bersifat fiktif sering kali dilupakn. Hal ini sangat berbeda dengan makna karya sastra yang merupakan hasil karangan fiktif pengarang.
  1. Pendekatan pragmatik
            Pendekatan pragmatik merupakan pendekatan yang memandang karya sastra sebagai sarana untuk menyampaikan tujuan tertentu kepada pembaca, seperti tujuan pendidikan, moral agama atau tujuan yang lainnya. Pendekatan pragmatik mengkaji karya sastra berdasarkan fungsinya untuk memberikan tujuan-tujuan tertentu bagi pembacanya. Semakin banyak nilai-nilai, ajaran-ajaran yang diberikan kepada pembaca maka semakin baik karya sastra tersebut. Contohnya dalam novel Atheis dimana Hasan ombang–ambingkan keimanannya. Hal tersebut dapat dikaji nilai kereligiusannya.
Dilihat secara perkembangannya puisi dan prosa terkadang memiliki persamaan yang sangat mirip secara bentuknya, oleh karena itu dalam perbedaannya juga terbagi menjadi dua diantaranya:
1.      Perbedaan prosa dan puisi baru
Dalam membedakan antara puisi dan prosa tekadang masih banyak orang yang belum bisa memahami. Memang sangat sulit membedakannya kalau hanya melihat secara bentuk . misalnya seperti puisi Sapardi Djoko Damono dan cerpen Eddy D. Iskandar yang berikut ini.
AIR SELOKAN
            “Air yang di selokan itu mengalir dari rumah skit”, katamu pada suatu hari minggu pagi. Waktu itu kau berjalan-jalan bersama istrimu yang sedang mengandung_ia hampir muntah karena bau sengit itu.
            Dulu di selokan itu menglir pula air yangdigunakanmu waktu kau lahir: campur darah dan amis baunya.
            Kabarnya tadi sore mereka sibuk memandikan mayat di kamar mati.
            +
            Senja itu ketika dua orang anak sedang berak di tepi selokan itu, salah seorang tiba-tiba berdiri dan menuding sesuatu: “Hore, ada nyawa lagi terapun- apung di air itu_ alangkah indahnya!” tapi kau tak mungkin lagi menyaksikan yang berkilau-kilauan hanyut dipermukaan air yang anyir baunya itu, sayang sekali.
(Perahu Keras, 1983)
Yang di bawah ini cerpen Eddy D. Iskandar.
            NAH
            Nah, karena suatu hal, maafkan Bapak datang terlambat. Nah, mudah-mudahan kalian memaklumi akan kesibukan Bapak. Nah, tentang pembangunan masjid ini yang dibiayai oleh kalian bersama, itu sangat besar pahalanya. Nah, Tuhan pasti akan mendatangkan rahmat yang berlimpah ruah. Nah, dengan berdirinya masjid ini, mereka yang melupakan Tuhan, semoga cepat tobat. Nah, sekianlah sambutatan Bapak sebagai sesepuh.
            (Nah, ternyata ucapan suka lain dengan tindakan. Nah, ia sendiri ternyata suka uang kotor dan perempuan. Nah, bukankah ia termasuk melupakan Tuhan? Nah, ketahuan kedoknya)
(Horison, Th. XI 1976)

            Supardi Djoko Damono memaksudkan tulisannya itu sebagai puisi, sedangkan Eddy D. Iskandar sebagagai cerita pendek atau prosa. Bila dilihat bentuk lahirnya, cara penulisannya semuanya sama-sama berbentuk bebas.
            Bahkan karena bentuk lahir atau ciri dan kepenulisannya tidak dapat membedakan prosa dan puisi, maka saat ini niat pengarang dan pembacalah yang menjadi ciri sastra yang yang utama.
2.      Perbedaan prosa dan puisi lama
Perbedaan pokok antara puisi dan prosa.
1)   Kesatuan-kesatuan korespondensi prosa yang pokok ialah kesatuan sintaksis; kesatuan korespondensi puisi bukan kesatuan sintaksis akan tetapi kesatuan akustis.
2)   Di dalam puisi korespondensi dari corak tertentu, yang terdiri dari kesatuan-kesatuan tertentu pula, meliputi seluruh puisi dari semula sampai akhir. Kesatuan ini disebut baris sajak.
3)   Didalam baris sajak ada periodisitas dari semula sampai akhir.
Korespondensi adalah segala ulangan susunan baris sajak yang nampak di baris lain dengan tujuan menambah kebagusan sajak (slametmuljana, 1956). Kebanyakan tiap baris sajak terdiri dari bagian-bagian yang susunanya serupa. Bagian itu disebut periodus. Jadi, kumpulan jumlah periodus itu merupakan baris sajak. Dengan kata lain, periodus itu adalah sistem, sedangkan pereodisitas itu adalah sistem susunan bagian sajak (Slametmuljana, 1956).
Di bawah ini dapat dilihat  korespondensi dan periodisitas dalam sajak Pujangga Baru, dengan contoh sajak Roestam Effendi (1953).

BUKAN BETA BIJAK BERPERI

Bukan beta / bijak berperi,
pandai menggubah / madahan syair;
Bukan beta / budak negeri;
mesti menurut / undangan mair.

            Sarat saraf / saya mungkiri,
untaian rangkaian / saloka lama;
            Beta buang / beta singkiri,
sebab laguku / menurut sukma.

            Susah sungguh / saya sampaikan
dengan degupan / di dalam kalbu.
            Lemah laun / lagu dengungan
matnya digamat / rasaian waktu.

            Seriang saya / susah sesaat,
sebab madahan / tidak nak datang.
            Sering saya / sulit menekat,
Sebab terkurung / lukisan menang.

Bukan beta / bijak berlagu,
dapat melemah / bingkaian pantun,
            Bukan beta / berbuat baru,
hanya mendengar / bisikan alun.

            Korespondensi sajak di atas berupa pembaitan, tiap bait terdiri dari empat baris dan tiap baris terdiri dari dua satuan sintaksis (kelompok kata atau gatra) dari bait pertama sampai ke bait terahir. Korespondensi dari awal bait, baris pertama sampai ke akhir bait, baris terakhir. Susunannya serupa.
            Periodisitas sajak tersebut juga dari awal baris bait pertama sampai ke akhir baris bait terahir; yaitu tiap baris terdiri dua periodus, tiap periodus terdiri dari dua kata. Jadi, dalam sajak ini yang berkorespondensi adalah periodisitas dan juga jumlah baris pada tiap baitnya berulang: 4-4.

  1. Analisis Struktural Dan Semiotik
1.      Analisis Struktural
Pada bagian pendekatan objektif sedikit disinggung mengenai analisis struktural yang mempunyai arti karya sastra itu merupakan susunan unsur-unsur yang bersistem, yang antara unsur-unsur terjadi hubungan timbal balik, saling menentukan. Kesatuan unsur-unsur dalam karya sastra  bukan hanya kumpulan kumpulan hal-hal atau benda-benda yang berdiri sendiri, melainkan hal-hal itu saling berkaitan, terikat, dan saling bergantung.
Dalam pengertian struktur ini (Piaget Via Hawkes, 1978) menyatakan terlihat adanya rangkaian kesatuan yang meliputi tiga ide dasar, diantaranya ide kesatuan, ide transformasi, dan ide pengaturan diri sendiri (self-regulation). (1) Struktur merupakan kesatuan yang bulat, yaitu bagian-bagian yang membentuknya tidak dapat berdiri sendiri di luar struktur itu.  (2) Struktur itu berisi gagasan transformasi dalam arti bahwa struktur itu tidak statis. Struktur itu mampu melakukan prosedur transformasional, dalam baru bahan-bahan baru diproses dengan prosedur dan melalui proses itu. (3) struktur itu mengatur diri sendiri, dalam arti struktur itu tidak memerlukan pertolongan dari luar dirinya untuk mengusahakan prosedur transformasinya. Misalnya dalam proses penyusunan kaliat: saya memetik bunga, tidaklah diperlukan keterangan dari dunia nyata, melainkan diproses atas dasar aturan di dalamnya dan yang mencukupi dirinya sendiri. Bunga itu berfungsi sebagai objek dalam kalimat bukan menunjuk bunga yang nyata ada di luar kalimat itu, maka  bunga berfungsi sebagai objek karena terletak  di belakang kata kerja. Jadi, setiap unsur itu mempunyai fungsi tertentu berdasarkan aturan dalam struktur itu. Setip unsur mempunyai fungsi tetentu berdasarkan letaknya dalam struktur itu.
Struktur kebahasaan (struktur fisik) puisi disebut pula metode puisi. media pengucapan maksud yang hendak disampaikan penyair adalah bahasa, maskipun sekarang sudah banyak perkembangan puisi dan medianya tidak hanya menggunaka medium bahasa tulis dengan huruf, tetapi bisa dengan angka, gambar, garis, dan lain sebaginya. Tetapi dalam pembahasan ini akan membahas tentang puisi dengan medium bahasa tulis dengan huruf. Oleh sebab itu pemahaman terhadap puisi juga didasarkan  atas makna tipografinya itu.
Berikut ini dikutip puisi karya Hartoyo Andangjaya.
Perempuan-perempuan Perkasa

Perempuan-perempuan yang membawa bakul di pagi buta,
                        dari manakah mereka
Ke setasiun kereta mereka datang dari bukit-bukit desa
sebelum peluit kereta api terjaga
sebelum hari pemula dalam pesta kerja.

Perempuan-perempuan yang membawa bakul dalam kereta,
                        ke manakah mereka
Di atas roda-roda baja mereka berkendara
Mereka berlomba dengan surya menuju ke gerbang kota
merebut hidup di pasar-psar kota.

Perempuan- perempuan yang membawa bakul di pagi buta,
                        siapakah mereka
akar-akar yang melata dari tanah perbukitan turun ke kota
Mereka: cinta kasih yang bergerak menghidupi desa demi desa.
Hartoyo Andangjaya, 1973
Dalam puisi diatas dipilih kata-kata yang berisi sikap kagum penyair kepada perempuan-perempuan perkasa. Untuk menunjukkan rasa kagum itu,  penyair tidak  cukup dengan penyebutan perempuan perkasa sebagai gambaran kongkrit pada pembaca. ia menggunakan pengimajinasian berupa /perempuan-perempuan yang membawa bakul di langit buta/. Untuk menunjukkan kendaraan bagi perempuan-perempuan itu secara kongkrit penyair menciptakan pengimajinasian /di atas roda-roda baja mereka berkendara/. Untuk memperkongkrit asal perempuan-perempuan itu penyair mengimajnasikan dengan /akar yang melata dari tanah perbukitan/.
Tipografi puisi tersebut adalah tipografi puisi konvensional, artinya tidak menyimpang dari tipografi puisi pada umumnya. Baris-baris dimulai agak ke tengah hanyalah merupakan tanda bahwa baris tersebut kelanjutan dari baris sebelumnya. Puisi tersebut terdiri dari tiga bait. Tiap bait dikat dengan frase: /perempuan-perempuan yang membawa bakul di pagi buta...../. ikatan itu membentuk ritma puisi. jawaban atas ikatan itu merupakan perkembangan gagasan dalam tiga bait itu, yakni dari: /dari manakah mereka/, /kemanakah mereka/, dan siapakah mereka/. Klimaks puisiini terletak pada bait ke tiga karena bait ketiga menjawab siapakah perempuan-perempuan perkasa itu, yakni pejang desa yang ulet yang memberi nafka pada keluarganya.
Bunyi-bunyi yang digunakan dalam puisi tersebut begitu terpadu dan mendukung makna yang ingin disampaikan.


Oleh : Dafikurrahman Mashor
Sumenep, 11 juli 1992

Tidak ada komentar:

Posting Komentar